Kamis, 02 Februari 2017

kesehatan : orang dulu itu lebih sehat dari orang jaman sekarang

Kesehatan adalah nikmat yang tidak bisa kita dustakan



Apa yang akan anda lakukan jika anda sakit?

Pasti segala upaya akan anda lakukan untuk sembuh. Minum obat, perawatan, suntik, terapi, bahkan operasi siap dilakukan demi kesembuhan. Memang benar sehat itu mahal dan apa daya jika harta berlimpah tetapi tidak sehat.

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.
Betul sekali dengan tubuh yang sehat kita bisa beribadah, sekolah, belajar, bekerja, berlibur dan melakukan aktifitas positif lainnya.

Diketahui orang-orang jaman dahulu itu lebih sehat dari orang-orang modern saat ini.

Apa itu benar?

Mungkin saja benar, tapi bisa juga salah. Karena setiap orang pasti punya pribadi yang berbeda-beda, entah itu dari segi pikiran, hati dan pengetahuan tentang menjaga kesehatannya. Di bawah ini beberapa penjelasan tentang perbedaan tentang kualitas kesehatan orang jaman dulu dan sekarang secara global.




Sendi kehidupan orang jaman dahulu.Adapun poin-poin sederhana yang Kaum Runtah dapat, sebagai berikut.

1. Pola makan orang jaman dulu
Makanan merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting  bagi manusia. Dengan makan mausia mempunyai tenaga, tenaga untuk melakukan aktifitas, dan aktifitas yang akan menghasilkan makanan juga. Hal itu akan terus berputar setiap hari. Oleh karena itu pola makan orang jaman dulu terlihat lebih teratur dan tepat waktu. Dengan makan teratur dan tepat waktu bisa mengurangi dampak terkena magh, tipes dan lain-lain.

2. Hasil bumi yang alami
Peranan penting petani sangat dibutuhkan, agar menghasilkan bahan makanan yang berkualitas salah satunya. Dan kehidupan jaman dahulu itu sebagian besar adalah petani. Jadi mereka tahu apa yang mereka makan, baik atau tidak, beracun atau tidak,  bagaimana pengolahannya, dengan apa pemupukannya dan lain-lain sebagai dasar suatu pertanian. Dengan hal itu masyarakat akan mendapatkan pasokan makanan yang sesuai, bergizi baik, dan secara tidak langsung kualitas kesehatan akan maksimal.

3. Cemilan sederhana, gizi luar biasa
Bagaimana tidak, hasil bumi diatas juga berkualitas jempolan. Maka untuk cemilan atau makanan ringan yang akan dikonsumsi baik juga. Disamping itu jaman dahulu belum merkenal apa itu tentang pengawet makanan dan pewarna makanan buatan apalagi untuk memakainya.

4. Kebiasaan jalan kaki sekaligus olahraga.
Bukan jadi kebiasaan lagi, ini hampir selalu dilakukan orang-orang jaman dahulu. Belum ada transportasi canggih, seperti sepeda motor dan mobil. Paling mewah saat itu berupa sepeda ontel atau kendaraan berbasis pemanfaatan tenaga hewan.
Nah otomatis lari, jalan kaki, dan bersepada merupakan salah satu olahraga. Baik untuk sekedar mencari keringat atau membakar lemak.

baca juga tentang transportasi darat dari masa ke masa

5. Istirahat cukup.
Target hidup sukses pasti ada, tapi istirahat orang jaman dulu sangat diutamakan. Belum adanya teknologi modern menjadi faktor yang bermanfaat juga bagi kesehatan. Karena setelah makan malam, ngopi atau sekedar berkumpul dengan istri dan anak kemudian istirahat.
Adapun kegiatan begadang tidak dilakukan sia-sia setiap malam, pasti ada kegiatan jadwal ronda, sharing antar warga dan lain- lain yang sebagian besar dilaksanakan malam hari.

6. Kebersihan badan
Kebersihan sebagian dari iman, benar sekali. Tidak hanya bersih tetapi juga sehat, entah itu dari segi bahan yang digunakan seperti air atau juga yang lain, seperti sabun, pasta gigi, sampo rambut dan lain-lain. Malah yang pernah Runtah ketahui, orang jaman dulu itu mandi cuma pake air, tidak pakai sabun. Dan untuk menjaga kebersihan gigi mereka menggunakan abu bakar kayu dan nginang juga. Wow.. benda yang kita nilai kotor ternyata punya manfaat juga ya.

7. Tamasya atau liburan
Jangan dikira jaman dahulu tidak ada piknik. Kegiatan ini dilakukan minimal sekali setahun, itu sudah dirasa cukup. Dan kegiatan yang akan membuat suasana bahagia ini akan mendorong semangat seseorang menjadi naik. Rasa kebersamaan yang bahagia ini juga salah satu kunci dari hidup sehat.


Mungkin itu sebagian kecil tentang kilas balik mengenai hidup sehat orang jaman dulu. Tentunya sesuatu kondisi ada kelebihan dan ada kekurangannya juga. 
Setelah itu, berikut dapat kita lihat kondisi jaman sekarang tentang kesehatan dari segi yang sama seperti diatas juga.


Sendi kehidupan dijaman digital.

Segala kemudahan memang kita dapat rasakan seperti saat ini, mulai dari mendapatkan makanan yang enak, koneksi yang mumpuni, dan kemudahan-kemudahan yang lainnya. Namun dengan hal itu membuat kita lalai tentang arti sehat itu segalanya.

Adapun poin-poin yang Runtah dapat adalah sebagai berikut.

1. Makannya nanti saja lah.
"Nak makan dulu udah siang", "Nanti dulu bu.. tanggung". Begitu terus sampe akhirnya di vonis  kena magh.
Entah itu tanggung dalam hal belajar, bekerja, atau bermain game. Bahkan terkadang kita temui orang yang melalaikan sarapan pagi sebelum berangkat sekolah ataupun bekerja. Mungkin untuk awal-awal itu tidak akan berdampak apa-apa, namun jika diteruskan bisa mengakibatkan hal yang kurang baik untuk kesehatan anda.

2. Uang menjadi bahan pokok makanan.
Tanah pertanian di Negeri ini semakin berkurang dan sempit, sebagian untuk membuat tempat tinggal baru dan sebagian lagi untuk pabrik-pabrik industri. Dengan adanya industri itu sebenarnya bisa menciptakan lapangan pekerjaan, akan tetapi produktifitas bahan pokok  makanan juga menjadi berkurang. Jika jaman dahulu orang mencari makan dengan menanam, sekarang memperoleh makan dengan membeli. Bahkan untuk memenuhi pasokan beras untuk masyarakat, Indonesia harus membeli dari Negara lain.
Dengan membeli juga kita tidak akan bisa mengetahui kualitas sumber makanan itu, apakah diolah secara alami, atau dengan kimia. Kalaupun dengan kimia pasti penjual akan memberi label yang baik atau alami. Kita sudah tau dampak makanan dengan bahan kimia seperti apa, jika penjual mengatakan itu makanan dengan tambahan kimia pasti tidak akan ada orang beli.


3. Makanan ringan favorit
Sudah banyak pemberitaan di Media massa tentang maraknya jajanan berbahaya. Dijaman modern ini banyak orang semakin pintar, tetapi kurang peduli dengan keadaan. Makanan enak dan murah mudah di dapat, seakan tidak peduli dengan kesehatan konsumennya. Tapi itulah sebuah pilihan kadang harus ada yang dikorbankan.

4. Kemudahan Transportasi
Terkadang sekedar ke warung yang masih satu komplek saja, kita memilih memakai kendaraan bermotor. Apalagi kegiatan olahraga yang lain, yang diperlukan tubuh kita.

5. Istirahat menjelang pagi.
Nah ini salah satu faktor penyebab tidak sarapan pagi pada poin nomer satu diatas. Hiburan dijaman sekarang mudah sekali didapat, mulai dari televisi sampai gatget yang semakin canggih saat ini. Hal itu membuat kita betah melek sampe pagi, akhirnya bangun kesiangan dan dengan alasan takut terlambat mereka memilih tidak sarapan pagi. Disamping itu udara malam juga kurang baik untuk kesehatan loh.

6. Kebersihan badan.
Kualitas kebersihan semakin baik sebenarnya. Air bersih mudah didapat dan ragam jenis sabun beserta temannya yang bermacam-macam. Sama halnya dengan makanan ringan diatas, jenis-jenis sabun saat inipun ada yang mengandung kimia. Sehingga kulit yang tidak cocok dengan salah satu jenis sabun itu akan mudah terkena iritasi atau efek buruk yang lain.

7.Tamasya atau liburan.
Nah kalau hal yang satu ini paling disukai semua orang. Sama seperti dulu, dengan liburan kita bisa bahagia dan bahagia adalah kunci hidup sehat. Tapi dengan kemudahan transportasi saat ini, diharapkan jangan terlalu sering liburan, apalagi ketempat yang jauh. Hal itu akan memakan energi yang banyak, dan beberapa orang merasakan lelah jika usai melakukan liburan yang jauh.


Itulah beberapa poin yang bisa Runtah rangkum tentang pola kesehatan orang jaman modern. Tapi itu semua hanya contoh sebuah kemajuan jaman dan perbedaan dulu sampai sekarang. Tidak semua orang seperti itu, masih banyak orang yang peduli dengan kesehatan saat ini, peduli lingkungan, peduli makanan sehat dan produsen yang menghargai setiap konsumennya. Kemajuan teknologi juga berperan penting dalam dunia kesehatan saat ini. Pelayanan ramah yang ada di Rumah sakit seluruh Indonesia membuktikan bahawa semakin berkembang jaman semakin baik juga untuk kesehatan.

Seperti itu juga yang bisa Runtah tulis, sebagai pengingat pribadi terutama dan untuk para pembaca yang baik juga. Kurang lebih Runtah mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Semoga bermanfaat dihidup anda.

Jika bermanfaat untuk anda silahkan Share via Whatsapp 

Hargai diri anda sendiri, peduli kesehatan dan anda bahagia.
Terimakasih. 

1 komentar :