Minggu, 12 Februari 2017

10 PERMAINAN TRADISIONAL YANG BISA KITA DAPATKAN DI PLAYSTORE

MAINNYA SENDIRI-SENDIRI
Berbahagialah kita sebagai manusia yang merasakan indahnya era 90an. Masa dimana para gammer bermain dikehidupan nyata. Masa dimana anak-anak dan remaja bermain tanpa alat virtual. Bermain tanpa beban, tanpa khawatir kehabisan kuota internet dan bermain dengan kebersamaan. Sungguh menyenangkan bukan.

Dijaman sekarang dimana kita mendapatkan hal-hal seperti itu. Anak-anak sekarang sudah merasa nyaman bermain didepan layar. Tidak perlu takut jadi hitam, tidak perlu takut keringetan, tidak usah keluar rumah, bahkan tidak perlu lawan main. Inilah era digital, jaman dimana kita dapatkan kesenangan dengan mudah, asal ada biaya apapun bisa. Tapi cobalah kembali ke 20 tahun yang lalu, kebahagiaan itu tidak bisa kita tukar dengan uang.

Oleh sebab itu kali ini Kaum Runtah akan mengajak anda bernostalgia. Mengajak anda kembali ke masa lalu. Permainan manakah sering anda menangkan waktu itu.
Sekaligus memberikan informasi kepada adik-adik dan anak-anak kita. Bahwa permainan yang ada di telepon pintarnya sudah lebih dulu kita mainkan secara nyata.

Berikut 10 Game era 90an yang sekarang bisa kita download di Aplikasi PlayStore.


1. Petak Umpet

PETAK UMPET NYATA VS GAME PLAYSTORE

Permainan yang diawali dengan mantra "hom pim pah ala ihom gambreng" ini memang sangat populer. Lebih-lebih mantra ini sering dibawakan tokoh boneka terkenal "Si Unyil" waktu opening acara Laptop nya.
Siapa yang kalah saat hom pim pah, dialah yang jadi penjaga pos. Saat sang penjaga mulai menutup mata dan mulai berhitung, teman-teman yang lain harus bersembunyi, terserah mau sembunyi dimana sesuai jarak yang sudah ditentukan. Awas jangan sampai ketahuan penjaga, pintar-pintarlah dalam bersembunyi.
Biasanya setelah sampai hitungan ke-10, penjaga mulai membuka mata dan beraksi mencari teman-teman yang sudah bersembunyi ditempat rahasia. Jika sudah terlihat dia harus meneriakan nama teman yang ketahuan dan kembali ke pos nya. Setelah ketemu semua, maka tugas jaga akan diganti oleh teman yang lain, biasanya orang pertama yang ketahuan atau sesuai peraturan disetiap permainan itu. Sederhana dan menyenangkan.

2. Egrang


EGRANG NYATA VS GAME PLAYSTORE

Permainan yang dibuat dari bambu atau kayu ini, memiliki fungsi untuk melatih keseimbangan anak dan juga melatih anak agar tidak takut dengan ketinggian. Tidak hanya untuk senang-senang, permainan ini juga sering dilombakan dalam acara 17 agustusan baik adu cepat ataupun adu tangkas. Cukup ekstrim buat yang takut ketinggian.

3. Kelereng atau Gundhu


KELERENG NYATA VS GAME PLAYSTORE

Dengan membuat lingkaran, segitiga, atau kotak lalu mereka menaruh kelereng didalamnya. Siapkan satu kelereng sabagi Gaco. Pegang Gaco lalu bidik kelereng yang ada didalam lingkaran, dengan cara menyentil atau melemparnya. Jika mengenai sasaran dan kelereng yang di dalam berhasil keluar garis, maka kelereng itu jadi milik anda. Satu kali kesempatan melempar dan gantian dengan teman anda hingga kelereng yang didalamnya habis.

4. Lompat Tali


LOMPAT TALI  NYATA VS GAME PLAYSTORE

Permainan yang biasanya dimainkan secara kelompok atau sendiri ini memang perlu beberapa kali latihan. Tidak mudah memang, perlu ketukan waktu yang tepat, agar putaran tali dan loncatan menjadi seirama. Masih bisakah anda mainkan permainan ini. Coba tunjukan kehebatanmu.

5. Sunda Manda atau Engklekan


ENGKLEKAN NYATA VS GAME PLAYSTORE

Seberapa jauh anda melompat?. Kemampuan lompatan yang jauh memungkinkan anda menjadi pemenang di permainan yang satu ini.
Ehhh bukan hanya lompatan saja, tetapi ketepatan kaki anda berpijak dan keseimbangan badan juga sangat berpengaruh. Hati-hati jangan sampai menginjak garis permainan, apalagi sampai keluar. Anda bisa di eliminasi secepat mungkin.

6. Gasing atau panggal


GASING NYATA VS GAME PLAYSTORE

Permainan tradisional ini biasanya terbuat dari kayu, buah jambe, atau bambu. Cara memainkannya yaitu dengan melilitkan tali ke gasing, kemudian tarik tali dan hentakan gasing agar berputar ditanah. Kelihatannya memang mudah, tapi ketahuilah untuk mahir memainkan ini perlu latihan serius. Seiring perkembangan waktu serial kartun anak-anak "Bayblade", mempromosikan sebuah gasing modern berbahan plastik. Nah kalo gasing yang ini mungkin lebih mudah untuk dimainkan.

7. Congklak atau Kacang-kacangan


CONGKLAK NYATA VS GAME PLAYSTORE

Permainan ini dimainkan oleh dua anak. Biasanya dibuat dari kayu ada juga yang plastik. Disertai 7 lubang untuk menaruh biji-biji yang akan dimainkan. Genggam semua biji dan taruh satu persatu ke lubang yang dilewatinya, hingga biji yang ditangan habis. Pemenang ditentukan dengan jumlah biji yang mereka dapatkan di lubang sebelah kanan dan kiri.
Yang paling banyak itulah yang menjadi pemenang.

8. Ketapel


KETAPEL NYATA VS GAME PLAYSTORE

Siapa si yang tidak kenal sama mainan berbentuk huruf Y ini. Hampir semua orang mengetahuinya. Ketapel merupakan bentuk paling sederhana dari pistol. Sama halnya dengan bermain kelereng atau gundhu, permainan ketapel ini juga membutuhkan fokus, bidikan dan akurasi yang tepat. Mungkin para atlet penembak jitu adalah alumni para pemain ketapel waktu kecil. Wah ..  empat jempol pokoknya.

Baca juga 20 permainan yang sudah jarang dimainkan dijaman sekarang versi Angka13 DISINI !!!! 
atau 8 cita-cita masa kecil yang dapat anda temukan di PlayStore

9. Ular Tangga


ULAR TANGGA NYATA VS GAME PLAYSTORE

Disini tidak berlaku orang pintar dan orang bodoh. Keberuntungan akan menentukan mereka menjadi pemenang. Perjalanan pion atau pasukan anda ditentukan oleh lemparan dadu. Keberuntungan mata dadu dan ketepatan langkah pion menemui tangga, membantu anda lebih cepat menyampai garis finis. Waspada siluman ular, bisa-bisa anda merosot dari bawah lagi.  Uji keberuntungan anda di permainan ini.

10. Monopoli
MONOPOLI NYATA VS GAME PLAYSTORE
Permainan yang satu ini persis seperti Ular Tangga diatas. Penentuan keberuntungan oleh lemparan dadu menjadi hal yang wajib. Akan tetapi di Monopoli ini lebih kompleks, dengan adanya fitur kartu acak yang akan anda dapatkan. Kartu itu berisi perintah yang bervariasi, misalnya maju dua langkah,mundur dan banyak lagi yang lainnya. Dipermainan ini anda bisa menjadi orang kaya, anda mempunyai tanah, anda mendirikan rumah, anda memiliki hotel dan aset lainnya. Dipermainan ini juga anda bisa jatuh miskin dan parahnya masuk penjara.
Masih penasaran bagaimanakah nasib anda dipermainan ini. Silahkan di coba lagi.


Nah itulah 10 permainan jaman dahulu yang sekarag anda bisa nikmati juga di handphone anda.
Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan buat anda, apakah membiarkan anak dan adik-adik anda bermain sendiri dedepan layar. Ataukah mengajari mereka tentang berinteraksi dan bermain diluar bersama teman-temannya.
Semua keputusan yang diambil mengandung resiko dan manfaat sendiri nantinya. Semua kembali ke pribadi masing-masing sebagai orang tua dan lebih didewasakan.
Sekian dari Kaum Runtah, Semoga bermanfaat.

1 komentar :